A. Otomatisasi Perkantoran

   Otomatisasi Perkantoran berawal dari tahun 1960, ketika IBM menciptakan istilah word-procesing yang di sebut magnetic tapel slselectric typerwriter.
 
1. Pengertian otomatisasi Perkantoran

   
   Kata "otomatisasi" memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa di lakukan oleh manusia. Otomatisasi Perkantoran bisa di kenal dengan istilah Office Akan utomation atau AO. Otomatisasi Perkantoran yaitu pengalihan fungsi manual peralatan kantor yang banyak menggunakan tenaga manusia kepada fungsi fungsi otomatisasi dengan menggunakan peralatan mekanis khusus komputer.
   Menurut WALUYO (2000) menegaskan bahwa era otomatisasi Perkantoran di mulai secara bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi.
  Menurut O'BRIEN (1996) otomatisasi Perkantoran merupakan merupakan sistem informasi berbasis telekomunikasi yang menumpulkan, memroses, menyimpan, dan mendistribusikan pesan pesan.
   Otomatisasi kantor merupakan penggunaan alat elektronik yang di gunakan untuk memudahkan komunikasi formal dan informal. Otomatisasi penting dilakukan dalam upaya meraih efektifitas dan efisiensi kegiatan perkantoran. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi kebutuhan dari metode manual ke otomatis sudah menjadi keharusan untuk dipenuhi.

2. Tujuan Otomatisasi Perkantoran

   Produktivitas yang di hasilkan dengan penerapan Otomatisasi Perkantoran dapat di capai melalui beberapa hal, antara lain:
a. Meminimalkan pengeluaran pada biaya
b. Pemecahan masalah kelompok
c. Pelengkapan bukan pengganti, menggantikan           semua komunikasi
d. Penggabungan dan penerapan teknologi
e. Memperbarui proses pelaksanaan pekerjaan             kantor
f. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas              pekerjaan
g. Peningkatan komunikasi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat

3. Manfaat Otomatisasi Perkantoran

   Penetapan otomatisasi Perkantoran yang tepat guna selain dapat meningkatkan produktifitas kantor, juga akan meringankan pekerjaan pegawai kantor yang menggunakan peralatan peralatan elektronik tersebut. Manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan dalam pemanfaatan sistem otomatisasi Perkantoran, antara lain:
a. Membuat informasi menjadi lebih murah
b. Dapat meletakkan landasan yang kuat untuk            integrasi
c. Komputer tidak menggantikan pekerjaan,                  komputer mampu menunda
d. Pemecahan masalah kelompok/tim
e. Cara berkontribusi pada komunikasi
f. Sebagai pelengkap bukan pengganti
g. Komunikasi bisnis
h. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas              pekerjaan
i. Peningkatan komunikasi dapat menghasilkan         keputusan yang lebih baik dan lebih cepat

4. Konsep konsep otomatisasi Perkantoran

   Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat memengaruhi terciptanya peralatan peralatan elektronik yang di gunakan dalam pekerjaan kantor. Konsep konsep dari otomatisasi Perkantoran yang di uraikan, antara lain:
a. Proses manufaktur selalu mengarah ke                     otomatisasi
b. Berevolusi dari aplikasi yang terpisah
c. Memudahkan penerimaan dan pengiriman               informasi
d. Memberikan keuntungan lebih besar
e. Sebagai pelengkap bagi metode komunikasi

5. MACAM-MACAM SISTEM OTOMATISASI                 PERKANTORAN

a
. Sistem komunikasi elektronik ( electronic                   communication system) 
Sistem teknologi informasi yang di gunakan untuk berkomunikasi antara individu, kelompok pekerja, dan organisasi organisasi. Sistem komunikasi elektronik, antara lain:
1) Email
2) Voice mail
3) Facsimale
4) Bulletin word system
Bulletin word system (BBS) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet
b. Sistem kolaborasi elektronik
     Merupakan suatu sistem yang tidak punya pertukaran komunikasi dan pesan.
c. Sistem publikasi dan pengolahan gambar                  elektronik
1) Dekstop publishing
2) Electronik  Document Management (EDM)
3) Presentation Grapic
     Digunakan untuk menampilkan grafik
4) Multimedia Presentation
d. Sistem pengolah kantor (Office management            system)
1) Desktop accesoris
2) Electronic scheduling/Kalender elektronik
e. Sistem elektronik formal
     Merupakan sistem yang di dokumentasikan             dengan suatu sistem prosedur tertulis
f. Sistem elektronik informal
    Merupakan sistem tidak di rencanakan atau di        uraikan secara tertulis

6. Tahap tahap otomatisasi Perkantoran

a. Tahap tradisional
     Tahap di mana penggunaan teknologi                       utamanya di tunjukkan untuk mengurangi biaya
b. Tahap transisional
     Tahap di mana di tandai dengan mulai di mana       di gunakan proses
c. Tahap transformasional
     Merupakan fase informasi dan pematangan             konsep information reseurce management               (IRM)

7. Pengguna otomatisasi Perkantoran
      
     Otomatisasi kantor digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Ada 4 pengguna Otomatisasi kantor, yaitu:
a. Manajer
    Manajer merupakan orang yang bertanggung          jawab mengelola sumber daya perusahaan
b. Professional
    Professional tidak mengelola orang, tetapi                menyumbangkan kedalam khususnya.
c. Sekretaris
    Ditugaskan pada pekerja terdidik untuk                    melaksanakan berbagai tugas
d. Pegawai administrasi
     Menggunakan otomatisasi Perkantoran dalam         melaksanakan tugas tugas untuk sekretaris
   
8. Jenis jenis Otomatisasi Perkantoran

    Adapun jenis jenis aplikasi otomatisasi Perkantoran, sebagai berikut.
a. Word processing
     Penggunaan peralatan elektronik yang                       otomatis melakukan beberapa tugas yang di             perlukan untuk membuat dokumen pengolah
     kata.
b. Electronic and voice mail (Email)
    Penggunaan jaringan internet komputer untuk        mengirim, menyimpan, menerima pesan                  dengan  menggunaka terminal komputer dan           peralatan penyimpanan.
c. Electronic calendaring
    Penggunaan jaringan komputer untuk                        menyimpan dan memanggil acara yang telah di      terapan oleh manager yang bersifat khusus
d. Audio conferensing
    Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk      membuat hubungan audio di antara orang                orang  tersebar secara geografis untuk tujuan           melakukan konferensi
e. Video converencing
    Dilengkapi dengan sinyal audio dan sinyal video      dan digunakan untuk mengirim dan menerima        sinyal audio dan video
f. Computer conferncing
    Penggunaan jaringan komputer, yang memberi        kemampuan seseorang untuk melakukan                  pertukaran informasi
g. Facsimile transmission (Fax)
    Penggunaan peralatan khusus yang dapat                  membaca tampilan dokumen pada ujung                  cheanel komunikasi
h. Video text
    Merupakan sistem otomatisasi kantor yang              menggunakan komputer untuk memberikan            textual tampilan baru pada layar
i. Image stirage and retrieval
   Sebagai tempat menyimpan file agar informasi       dapat di panggil atau di dapatan kembali
j. Desktop publishing (dtp)
   Pembuatan output tercetak yang kualitasnya           hampir sama dengan type setter. Terbagi                   menjadi 3 area yaitu:
   1. Aplikasi administrasi
   2. Aplikasi teknis
   3. Grafik perusahaan
k. Spreadsheet
    Penggunaan komputer yang secara otomatis            melakukan beberapa tugas yang di perlukan            untuk mengolah data yang berupa angka
 
9. Faktor faktor yang mempengaruhi                          penggunaan penggunaa perkantoran

   Adapun faktor faktor yang dapat mempengaruhi pilihan aplikasi otomatisasi kantor, sebagai berikut:
a. Jenis organisasi
b. Pilihan privasi
c. Sumber daya otomatisasi kantor yang tersedia

B. KONSEP VIRTUAL OFFICE

     Virtual office merupakan lompatan teknologi informasi. Untuk menciptakan keunggulan kompetitif, organisasi mutlak harus menguasai informasi lebih awal, akurat dan komprehensif.

1. DEFINISI VIRTUAL OFFICE

    Virtual office merupakan sebuah ruang kerja yang berlokasi di dunia internet dengan kata lain tidak mempunyai kantor real atau nyata. Yang berkaitan dengab virtual office yaitu:
a. Virtual Organization
     Sekelompok group, orang atau instituti dengan       beberapa tujuan yang sama melakukan sharing
b. Virtual Office
    Merupakan suatu bangunan kantor yang                  menawarkan beberapa layanan seperti telepon,      faks dab web hosting

2. TUJUAN VIRTUAL OFFICE

      Sebuah kantor virtual dapat memberikan penghematan yang signifikan dan fleksibilitas dibanding dengan menyewa ruang kantor tradisional

3. KARAKTERISTIK VIRTUAL OFFICE

    Adapun virtual office, sebagai berikut.
a. Melintasi batas
b. Berbagai sumber daya (resoures)
c. Wilayah yang tersebar
d. Anggota yang tidak tetap
   
4. Komponen komponen dalam virtual office

     Adapun komponen komponen yang terdaoat dalam virtual office, sebagai berikut.
a.Virtual knowledge worker
b. Virtual timwork
c. Integrated complex ntework inteligence
d. Complex matrix scructure
e. Faster leaning organization




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KEARSIPAN TEKNOLOGI PERKANTORAN